Khasiat dan manfaat kunyit bagi kesehatan

Berdasar pada World Alzheimer Report th. 2009, 3. 6% dari masyarakat Asia Tenggara di atas 60 th. menanggung derita dementia, dibanding dengan 6. 4% masyarakat Australia, serta 7. 2% masyarakat Eropa Utara. World Health Organization juga mengatakan bahwa tingkat pasien kanker di India lebih rendah dibanding negara-negara maju seperti Amerika Serikat. 

Tetapi benarkah seluruhnya ini hasil dari kunyit? Peneliti kanker bernama Ralph W. Moss yakini hal semacam ini. Ia berkata bahwa kunyit yaitu anti-inflamasi alami, kunyit menghalangi perkembangan pembuluh darah baru pada tumor serta kunyit yaitu anti-oksidan yang sangatlah ampuh. Tetapi saat sebelum anda mulai mengonsumsinya, Aloysa Hourigan, pakar nutrisi senior Australia berkata bahwa tak semudah itu. “Curcumin hanya satu anti-oksidan, serta curcumin memanglah mempunyai manfaat, tetapi saya tak memiliki pendapat cuma ada satu hal yang bakal melakukan perbaikan semuanya. ” 

Ada juga banyak riset yang dikerjakan pada binatang serta uji lab, hingga berdasar pada penyembuhan moderen, bukti yang ada tidaklah cukup. Tetapi, kunyit sudah dipakai dalam penyembuhan Cina serta India mulai sejak lama, hingga kunyit mungkin saja mempunyai manfaat. “Sementara semakin banyak riset pada kunyit dikerjakan, tersebut sebagian argumen kesehatan untuk anda untuk konsumsi kunyit. ”

1. Menghindar Penyakit Alzheimer 

Beberapa ilmuwan yakin bahwa kandungan anti-oksidan serta anti-inflamasi yang dipunyai curcumin cukup kuat untuk memecah plak amyloid pada otak sebagai pemicu Alzheimer. “Jika sumbatan pada pembuluh darah menyusut, jadi sisi spesifik pada otak bisa lebih gampang terima konsumsi oksigen serta otak bisa berperan dengan tambah baik, ” menurut Hourigan. Alzheimer’s Disease Research Center di Kampus California sekarang ini berencana untuk lakukan eksperimen pada manusia. 

2. Menolong Menghindar Kanker 

Dalam bukunya, ‘The 150 Healthiest Foods On Earth (Fair Winds) ’, pakar nutrisi Jonny Bowden menyampaikan bahwa sekurang-kurangnya ada 30 riset yang tunjukkan bahwa curcumin mempunyai manfaat anti-tumor, “Baik dalam kurangi jumlah atau ukuran tumor atau persentase dari binatang yang menderita tumor. ” 

Sesaat masih tetap dibutuhkan semakin banyak riset pada manusia, ia merujuk pada suatu riset pada th. 2006 yang tunjukkan bahwa curcumin menghindar perkembangan kanker usus besar pada manusia. Suatu riset teranyar di New Jersey temukan bahwa gabungan curcumin dengan sayuran seperti brokoli serta kol bisa menolong mengobati serta menghindar kanker prostat. 

Ada juga tanda-tanda bahwa curcumin menolong menghindar kanker payudara, kulit, serta pancreas, leukemia pada anak, serta myeloma ganda. “Saat tak ada seseorang juga yang mengklaim bahwa kunyit mengobati kanker, ada banyak argumen untuk meyakini bahwa kunyit adalah bahan yang berguna untuk diet yang menyehatkan, ” kata Bowden.

2 Responses to "Khasiat dan manfaat kunyit bagi kesehatan"