Cara mencegah wasir

Cara mencegah wasir -, Wasir yang di kenal dengan juga ambeien atau hemoroid adalah penyakit atau masalah pada anus. Wasir bisa menyebabkan pembengkakan pada bibir anus, bahkan juga dibarengi pendarahan. Hal itu pasti menyebabkan ketidaknyamanan untuk penderitanya. 

Cara mencegah wasir
Menurut ahli kesehatan pencernaan dari Divisi Gastroenterologi Departemen Pengetahuan Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr Ari Fahrial Syam, gaya hidup orang-orang saat ini mungkin saja mengakibatkan prevalensi wasir semakin bertambah. Gaya hidup yang disebut adalah kurang bergerak, makan kurang serat, atau kurang minum air. 

Tetapi, seperti penyakit biasanya, wasir sesungguhnya bisa dihindari. Ari menjelaskan banyak hal yang bisa menghindar sakit wasir. 


1. Usahakan buang air besar dengan lancar

Mengejan saat buang air akan mengakibatkan pembesaran pembuluh darah di anus (wasir). Buang air besar dengan lancar akan mengurangi kegiatan mengejan. Agar buang air lancar, kita perlu cukup minum air dan makan serat.

Serat bisa didapat dari sayur ataupun buah. Bisa juga berasal dari sereal atau agar-agar.

"Usus besar membutuhkan air dan serat untuk melakukan tugasnya dengan baik," tutur Ari. 

2. Banyak bergerak


Pola hidup kurang bergerak dapat meningkatkan risiko wasir. Karena itu, solusinya adalah lebih banyak bergerak. Usahakan untuk berolahraga 3-5 kali atau minimal 150 menit seminggu. 

Selain itu, kurangi naik kendaraan untuk jarak yang masih mampu dijangkau dengan berjalan kaki.

3. Hindari terlalu banyak duduk



Duduk terlalu lama dapat menimbulkan tekanan pada anus sehingga memicu wasir. Karena itu, cobalah untuk tidak duduk saat melakukan kegiatan yang bisa dilakukan sambil berdiri, misalnya menelepon. 

"Kalaupun pekerjaan Anda mengharuskan untuk banyak duduk, sering-seringlah menyempatkan berdiri, minimal 2 jam sekali," saran Ari.

Pengobatan wasir yang terbaik dan aman anda bisa mengkonsumsi ace maxs infonya klik disini cara mengobati wasir

0 Response to "Cara mencegah wasir"

Posting Komentar